DIBAWAH UMUR : Anggota Satlantas Polres Gumas melakukan sistem hunting, dengan menindak tegas pengendara yang masih dibawah umur, Jumat (6/9). FOTO : SATLANTAS POLRES GUMAS

KUALA KURUN – Selama sembilan hari pelaksanaan Operasi Patuh Telabang tahun 2019, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Gunung Mas (Gumas) memberikan tindakan tegas berupa sanksi tilang, kepada ratusan kendaraan roda dua dan empat yang melakukan pelanggaran.

“Hingga 6 September, kami telah memberikan sanksi tegas berupa tilang kepada 197 kendaraan, baik itu roda dua dan empat,” ucap Kapolres Gumas AKBP Yudi Yuliadin melalui Kasat Lantas Iptu Rachmat Endro, SE.M.I.Kom, Jumat (6/9) malam.

Dari jumlah itu, kata dia, yang mendominasi pelanggaran adalah anak dibawah umur yang mengendarai sepeda motor sebanyak 120 tilang, pengendara yang tidak memakai helm 41 tilang, dan pengendara yang melawan arus satu tilang.

“Kami juga memberikan tindakan tegas kepada pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman (safety bell) sebanyak 35 tilang. Adapun operasi ini, dimulai pada 29 Agustus dan berakhir pada 11 September 2019,” tegasnya.

Dia mengatakan, sanksi tilang tersebut diberikan kepada pengendara roda dua dan empat yang tidak mematuhi aturan, seperti tidak memiliki surat kelengkapan kendaraan yakni Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, melawan arus, melanggar rambu lalu lintas, dan lainnya.

“Sanksi tilang yang kita berikan ini untuk memberi efek jera kepada mereka. Diharapkan kedepan, masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat dapat lebih tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Dia pun mengajak masyakat untuk selalu tertib berlalu lintas. Budayakan keselamatan sebagai kebutuhan, dimana tujuan akhirnya akan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Gumas.

“Melalui operasi patuh telabang tahun 2019 ini, akan mampu menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, terhadap pentingnya mentaati aturan berlalu lintas,” tukasnya. (admin)

%d blogger menyukai ini: