PIMPIN : Ketua sementara DPRD Kabupaten Gumas H Gumer didampingi Wakil Ketua sementara Punding S Merang memimpin rapat pembentukan fraksi pendukung dewan periode 2019-2024, Senin (9/9). FOTO : PWI GUNUNG MAS

KUALA KURUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat pembentukan fraksi pendukung dewan periode 2019-2024. Hasilnya, ada lima fraksi DPRD yang disepakati dan dibentuk pada periode ini.

”Kelima fraksi yang terbentuk yakni, fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golongan Karya (Golkar), Demokrat, Nasional Demokrat (NasDem), serta Gerakan Karya Bersatu,” ucap Ketua sementara DPRD Kabupaten Gumas H Gumer, Senin (9/9).

Dia menuturkan, fraksi PDIP, Golkar, dan Demokrat merupakan fraksi murni. Sedangkan fraksi NasDem merupakan gabungan antara Partai NasDem dengan Hati Nurani Rakyat (Hanura). Kemudian, fraksi Gerakan Karya Bersatu adalah gabungan antara Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Berkarya, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

”Kalau Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung dengan fraksi Golkar,” ujar Legislator dari daerah pemilihan (dapil) III mencakup Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa ini.

Dia mengatakan, untuk susunan ketua fraksi, sekretaris, dan anggota di DPRD Kabupaten Gumas, tersisa satu fraksi yang belum menentukan, yakni Golkar. Sedangkan empat fraksi lainnya, sudah menentukan susunan ketua, sekretaris, dan anggota.

”Dalam waktu dekat, jika semua sudah terpenuhi maka susunan fraksi tersebut akan ditetapkan oleh pimpinan DPRD definitif terpilih,” tuturnya.

Setelah pembentukan fraksi, kata dia, selanjutnya masing-masing fraksi akan mengusulkan siapa saja anggota komisi dan badan di DPRD Kabupaten Gumas, termasuk di dalamnya anggota Badan Kehormatan (BK) dan Badan Musyawarah (Banmus). (admin)

%d blogger menyukai ini: