SOSIALIASI : Jajaran Polsek Kahayan Hulu Utara bersama Koramil 08 Tumbang Miri melaksanakan sosialisasi dan imbauan karhutla, di Desa Tumbang Masukih, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gumas, Jum’at (6/8) pagi.

KUALA KURUN – Pada Bulan Agustus, diperkirakan curah hujan menurun dan akan memasuki musim kemarau. Untuk itu, jajaran Polsek Kahayan Hulu Utara (Kahut) bersama Koramil 08 Tumbang Miri melaksanakan sosialisasi imbauan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di Desa Tumbang Masukih, Kecamatan Miri Manasa Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

”Patroli dialogis melalui petugas Bhabinkamtibmas akan selalu kami gencarkan dalam memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya karhutla di wilayah hukum polsek Kahut,” ucap Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman SIK, melalui Kapolsek Kahut Ipda Waryoto, SH, MM, Jumat (7/8).

Waryoto mengatakan, patroli dialogis dilakukan dengan cara menyambangi warga dan melakukan pemasangan spanduk terkait karhutla. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan, dan tidak melakukan pembakaran lahan secara liar, agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan warga sekitar.

”Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan imbauan tentang karhutla ini, kami berharap masyarakat dapat menyadari bahwa membakar hutan maupun lahan dengan sengaja, akan ada hukum dan sanksi pidana,” tegas Kapolsek.

Pada kesempatan ini, dia juga berterima kasih kepada pemerintah desa yang sudah mempunyai peralatan pendukung, serta dibentuknya tim sukarelawan penanganan dan penanggulangan api.

”Pemerintah desa juga sudah mempersiapkan lokasi embung air di desa-desa, yang dipersiapkan untuk mencegah karhutla,” pungkasnya. (admin)

%d blogger menyukai ini: